Profile

Kepolisian Republik Indonesia (disingkat POLRI) merupakan institusi penegak hukum di Indonesia yang bertugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. POLRI memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Sejarah POLRI dimulai pada tanggal 1 Juli 1946 dengan pembentukan Kepolisian Negara Republik Indonesia (KNRI) yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan. Pada awalnya, KNRI terdiri dari tiga lembaga yaitu Kepolisian Istimewa (yang berada di bawah Departemen Dalam Negeri), Kepolisian Umum (yang berada di bawah Departemen Pertahanan), dan Kepolisian Militer (yang berada di bawah Departemen Militer).

Pada tahun 1948, KNRI digabungkan dengan Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang kemudian menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) pada tahun 1960. Setelah itu, KNRI resmi menjadi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polisi RI) yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Pada tahun 2000, POLRI mengalami reformasi besar-besaran dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Reformasi tersebut meliputi restrukturisasi organisasi, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan pelayanan publik, dan peningkatan tata kelola dan akuntabilitas.

Saat ini, POLRI terdiri dari beberapa satuan dan unit seperti Kepolisian Daerah (Polda) di setiap provinsi, Kepolisian Resort (Polres) di setiap kabupaten/kota, dan Kepolisian Sektor (Polsek) di setiap kecamatan. Selain itu, POLRI juga memiliki beberapa unit khusus seperti Satuan Brimob, Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti-Teror, dan Bareskrim (Badan Reserse Kriminal).

Dalam menjalankan tugasnya, POLRI berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan perlindungan yang terbaik kepada masyarakat serta meningkatkan kinerja dan profesionalisme anggotanya. POLRI juga bekerja sama dengan instansi lain seperti TNI, Kejaksaan, dan Kementerian/Lembaga terkait dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegakan hukum di Indonesia.